Program Sekolah Penggerak merupakan program baru dari pemerintah pusat dalam mewujudkan manusia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Profil Pelajar Pancasila. Program Sekolah Penggerak berfokus pada pengembangan hasil belajar peserta didik secara holistik yang mencakup kompetensi (literasi dan numerasi) dan karakter, diawali dengan SDM yang unggul (kepala sekolah dan guru).

Sebagai salah satu dari 15 SMA/SMK seprovinsi Lampung yang terpilih sebagai pelaksana sekolah penggerak, SMAN 1 Seputih Banyak memulai langkah mempersiapkan penerapan kurikulum Profil Pelajar Pancasila dengan mengadakan In-House Training (IHT) selama 8 (delapan) hari. IHT terkait implementasi kurikulum Profil Pelajar Pancasila (Program Sekolah Penggerak) yang diadakan dari tanggal 2 sampai 10 Juli 2021 dibuka secara menyeluruh di lingkungan provinsi Lampung oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Lampung Wilayah VI Bapak Endi Fauzi, ST., MT. via daring melalui flatform Zoom Meeting dari SMAN 1 Seputih Raman. Pelaksanaan IHT di SMAN 1 Seputih Banyak melibatkan 29 guru SMAN 1 Seputih Banyak yang akan mengampu mata pelajaran kelas X di tahun pelajaran 2021/2022 sebagai peserta IHT, antara lain:

  1. Dra. Hj. Sringatin (Bimbingan Konseling)
  2. Drs. M. Rozi (Pendidikan Agama Islam)
  3. Ilma Khairani, S.Ag. (Pendidikan Agama Islam)
  4. Ni Wayan Sunari, S.Pd.H. (Pendidikan Agama Hindu)
  5. Komang Suteja, S.Pd.H. (Pendidikan Agama Hindu)
  6. Elyada Sion Hariadi, S.Th. (Pendidikan Agama Kristen)
  7. Karfad Mardiana Elya, S.Pd. (PKn)
  8. Lusi Yusarniaty, S.E. (Bahasa Indonesia)
  9. Siti Alwiyah, S.Pd. (Bahasa Ingrris)
  10. Setyoadi, S.Pd. (Matematika)
  11. Drs. Hi. Mursahid (Pendidikan Jasmani dan Olahraga)
  12. Drs. Nyoman Arya Rahayu (Biologi)
  13. Cucu Atikah, S.Pd. (Biologi)
  14. Drs. I Nyoman Sama, M.M. (Kimia)
  15. I Gusti Nyoman Artawa, S.Pd. (Fisika)
  16. Darmawan, S.Pd. (Fisika)
  17. Pujiati, S.Kom (Informatika)
  18. Nurhayati, S.Kom (Informatika)
  19. Dhiwia Purohita, S.Pd. (Ekonomi)
  20. Eka Susianti, S.Pd. (Geografi)
  21. Desi Ratnasari, S.Pd. (Geografi)
  22. Tri Rudiyanti, S.Sos. (Sosiologi)
  23. Siti Juwariyah, S.Sos. (Sosiologi)
  24. Ketut Sudarma, S.Pd. (Sejarah)
  25. Drs. Taslim (Sejarah)
  26. Ni Wayan Leni, S.Pd. (Sejarah)
  27. Fajar Ratiningrum, M.Pd. (Seni Budaya)
  28. Ni Wayan Eviyanti, S.Pd. (Prakarya)
  29. Umi Khasanah, S.Pd.I (Bahasa Lampung)

Adapun materi pelatihan yang diberikan kepada para peserta IHT tersebut meliputi: Kebijakan Program Sekolah Penggerak, Pendidikan yang Memerdekan, Kerangka Kurikulum Program Sekolah Penggerak, Capaian Pembelajaran, Asesmen, Perangkat Ajar, Kurikulum Operasional Sekolah, dan Literasi Digial. Untuk mengukur ketercapaian materi pelatihan, para peserta IHT diberikan pre-test di awal pelatihan dan post-test di akhir pelatihan.

Materi pelatihan IHT difasilitasi Tim Komite Pembelajar SMAN 1 Seputih Banyak yang terdiri dari Pengawas Pembina, Kepala Sekolah dan 11 guru SMAN 1 Seputih Banyak yang sudah terlebih dahulu mengikuti diklat nasional terkait program sekolah penggerak selama sepuluh hari secara daring.

Berikut adalah Tim Komite Pembelajar yang menjadi fasilitator dalam kegiatan IHT Implementasi Kurikulum Profil Pelajar Pancasila:

  1. Dra. Hj. EB. Ambarwati, M.Pd. (Pengawas Pembina, materi: Pendidikan yang Memerdekakan)
  2. I Made Sulatra, M.Pd. (Kepala Sekolah, materi: Kebijakan Program Sekolah Penggerak)
  3. Heru Legowo, S.Pd. (Waka Kurikulum, materi: Kerangka Kurikulum)
  4. Alim Kurniawan, S.T. (Guru, materi: Kerangka Kurikulum)
  5. Sugeng Wiratno, S.Pd. (Waka Kesiswaan, materi: Capaian Pembelajaran)
  6. Mugiarto, S.Pd. (Guru, materi: Capaian Pembelajaran)
  7. Dewi Sri Rahayu, S.Pd. (Guru, materi: Asesmen)
  8. Dewi Lestari, S.Pd. (Guru, materi: Asesmen)
  9. I Putu Wirya Suta, S.Pd. (Guru, materi: Perangkat Ajar)
  10. Ahmad Suyoyo, S.Ag. (Guru, materi: Perangkat Ajar)
  11. Edy Saptono, S.Pd. (Guru, materi: Perangkat Ajar)
  12. Zainudin Purnomo, M.Pd. (Guru, materi: Kurikulum Operasional)
  13. Dr. Mu’alimin, S.Kom., M.Pd. (Guru, materi: Literasi Digital)

Kegiatan pelatihan dilaksanakan dengan model penyampaian materi yang dibarengi dengan diskusi dan tugas mandiri. Pada sesi diskusi, para peserta IHT sangat antusias dalam menyampaikan pendapat dan bertanya terkait materi yang disampaikan. Sehingga, pengalaman-pengalaman yang dimiliki oleh Bapak Ibu guru peserta IHT dapat menjadi masukan untuk pengimplementasian kurikulum Profil Pelajar Pancasila ke depannya di SMAN 1 Seputih Banyak.

SMAN 1 Seputih Banyak; Global-Unggul-Berkarakter (WS)

Avatar

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *