Program Sekolah Penggerak merupakan upaya untuk merealisasikan visi Pendidikan Indonesia dalam mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila. Sekolah Penggerak adalah sekolah yang berfokus pada pengembangan hasil belajar peserta didik secara holistik dengan mewujudkan Profil Pelajar Pancasila yang mencakup kompetensi kognitif (literasi dan numerasi) serta non-kognitif (karakter) yang diawali dengan SDM yang unggul (kepala sekolah dan guru).

Profil Pelajar Pancasila memiliki 6 kompetensi (dimensi) yang harus dikembangkan oleh peserta didik secara bertahap dan berkesinambungan. Keenam kompetensi (dimensi) tersebut meliputi:

  1. Beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia;
  2. Berkebhinnekaan global;
  3. Bergotong-royong;
  4. Mandiri;
  5. Bernalar kritis;
  6. Kreatif.

Pengembangan dimensi Profil Pelajar Pancasila pada sekolah penggerak dilakukan melalui pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang teritegrasi pada struktur kurikulum, kemudian dibangun dalam keseharian dan dihidupkan dalam diri setiap individu peserta didik melalui budaya sekolah.

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila adalah pembelajaran lintas disiplin ilmu untuk mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitarnya. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengalami pengetahuan sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitarnya.

Adapun manfaat dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila bagi peserta didik yaitu:

  1. Memperkuat karakter dan mengembangkan kompetensi sebagai warga dunia yang aktif;
  2. Berpartisipasi merencanakan pembelajaran secara aktif dan berkelanjutan;
  3. Mengembangkan keterampilan, sikap, dan pengetahuan yang dibutuhkan dalam mengerjakan projek pada periode waktu tertentu;
  4. Melatih kemampuan pemecahan masalah dalam beragam situasi belajar;
  5. Memperlihatkan tanggungjawab dan kepedulian terhadap isu di sekitar peserta didik sebagai salah satu bentuk hasil belajar;
  6. Menghargai proses belajar dan bangga dengan hasil pencapaian yang telah diupayakan secara optimal.

Sebagai sekolah penggerak, SMAN 1 Seputih Banyak pada semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022 ini telah mengimplementasikan pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila selama 4 (empat) pekan yang dilaksanakan dari tanggal 27 September sampai 15 Oktober 2021. Terdapat tujuh tema projek yang telah ditentukan oleh Kemendikbud-Dikti, yaitu 1) Gaya Hidup Berkelanjutan, 2) Kearifan Lokal, 3) Bhinneka Tunggal Ika, 4) Bangunlah Jiwa dan Raganya, 5) Suara Demokrasi, 6) Berekayasa dan Berteknologi untuk Membangun NKRI, dan 7) Kewirausahaan.

Projek Penguatan profil Pelajar Pancasila SMAN 1 Seputih Banyak pada semester ganjil ini bertemakan Kewirausahaan dengan topik “Memanfaatkan sumber daya ekonomi di lingkungan sekitar untuk berkegiatan ekonomi terutama produksi”.

Kegiatan projek Kewirausahaan secara umum dibagi menjadi 3 (tiga) tahapan, yaitu:

A. Tahap perencanaan

Tahapan perencanaan meliputi:

  1. Sosialisasi program projek penguatan Profil Pelajar Pancasila kepada peserta didik dan juga orang tua/wali peserta didik,
  2. menyusun modul projek dan instrumen asesmen projek,
  3. membentuk koordinator projek,
  4. membentuk pembimbing projek peserta didik, dan
  5. merancang pelaksanaan kegiatan projek.
Musyawaran Dewan Komite Pembelajaran_Perencanaan Pelaksanaan Projek
Musyawarah Dewan Komite Pembelajaran_Perencanaan Pelaksanaan Projek

B. Tahap pelaksanaan

Pada tahap ini meliputi:

  1. melaksanakan pembelajaran projek sesuai alur pembelajaran yang telah dirancang dalam modul projek, 
  2. mengamati dan melakukan asesmen terhadap perkembangan dimensi Profil Pelajar Pancasila pada diri setiap peserta didik,
  3. membimbing peserta didik menyusun proposal projek yang dikembangkan oleh peserta didik, dan
  4. memfasilitasi peserta didik dalam memasarkan produk hasil projek mereka melalui bazaar kewirausahaan.
Pembuatan Projek_Produk Olahan
Pembuatan Projek_Produk Kerajinan
Pembuatan Projek_Produk Kerajinan

C. Tahap evaluasi

Tahap evaluasi yaitu melakukan refleksi dan evaluasi terhadap kegiatan pembelajaran projek yang telah dilakukan untuk memperoleh feedback pada pelaksanaan pembelajaran projek berikutnya.

Sebagai bentuk apresiasi terhadap keberhasilan peserta didik dalam melakukan projek penguatan Profil Pelajar Pancasila, sekolah memberikan reward kepada peserta didik yang menghasilkan karya terbaik berdasarkan asesmen dan hasil produknya.

Dari projek penguatan Profil Pelajar Pancasila yang bertemakan Kewirausahaan ini, peserta didik diharapkan memiliki akhlak yang baik terhadap diri sendiri, sesama manusia, dan lingkungan; bernalar kritis; mampu bergotong-royong atau berkolaborasi; serta menghasilkan karya dan tindakan yang orisinil.

Bazar/Pameran Produk

Video Singkat Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dapat diakses di akun YouTube Smansaseba pada link berikut: https://youtu.be/f4ZL8y_E8h0

#admin

Avatar

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *