Karenina Mutiara Antoni, itulah nama lengkapnya, merupakan salah satu siswi berprestasi di SMA Negeri 1 Seputih Banyak yang saat ini sedang duduk di kelas XI program IPA. Di bidang non-akademik, siswa yang akrab dipanggil Karen ini pernah memperoleh juara 3 pidato bahasa Inggris tingkat provinsi pada tahun 2020 yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Seni Universitas Lampung. Di tahun 2021 ini, Karen kembali mengikuti lomba yang sama dan berhasil membawa tropi juara 2. Selain itu, ia juga cukup aktif dalam keorganisasian di sela-sela kesibukannya bergelut dengan buku pelajaran. Terbukti, selama setahun ia terpilih menjadi ketua ekstrakurikuler English Club saat masih di bangku kelas X. Sudah dapat dibayangkan bagaimana ia harus dengan cekatan dalam mengatur waktunya sehingga tidak mengurungkan asanya untuk tetap bisa berprestasi baik di bidang akademik maupun non-akademik.

Seperti pepatah Jawa menyebutkan “ana dina, ana upa”, (setiap usaha pasti ada hasil yang nyata). Dengan kerja cerdas (baca: belajar), ia pun mampu meraih peringkat umum 1 untuk kelas XI program IPA di semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022 ini. Tidak hanya itu, putri dari pasangan bapak Andri Antoni dan ibu Herlina Rasid yang fasih berbahasa Inggris ini berhasil menjadi salah satu dari delapan peserta yang melaju ke tingkat nasional dalam program pertukaran pelajar AFS (American Field Service) Student Exchange Program tahun 2022/2023 chapter Palembang.

BACA JUGA: PEMBAGIAN RAPORT SEMESTER GANJIL DAN ROOTS DAY

AFS Student Exchange Program adalah program pertukaran pelajar dengan 40 pilihan negara tujuan dan durasi program tiga bulan, satu semester, dan satu tahun. Ada beberapa tahapan seleksi yang harus dilalui oleh peserta yang ingin mengikuti program ini. Sebagai persyaratan umum, siswa pelamar harus memenuhi persyaratan akademis yaitu sebagai siswa kelas X atau XI (SMA/SMK/MA) dan memiliki nilai rapot dengan predikat minimum B dan memenuhi KKM untuk semua mata pelajaran.

Tahap awal dimulai dengan seleksi berkas, dimana dalam seleksi ini siswa pelamar diminta untuk menyertakan beberapa surat pernyataan rekomendasi, bukti prestasi, motivation letter, dan masih banyak lagi. Selain itu, juga diminta untuk membuat essay dengan tema yang telah ditentukan.

“Bagian yang saya suka pada tahapan ini adalah adanya proses pemilihan tiga negara prioritas sebagai hosting country. Pada saat itu saya memilih Amerika Serikat, Jerman, dan Finlandia.” tutur siswi berparas anggun ini saat dihubungi via WhatsApp.

Setelah menunggu beberapa minggu, Karen akhirnya ditetapkan sebagai salah satu dari 12 peserta yang lolos seleksi berkas program AFS chapter Palembang. Berikut nama-nama keduabelas peserta tersebut:

Sumber: binabudplb.wordpress.com

Lanjut ke tahap berikutnya,  yaitu tahap wawancara kepribadian yang disampiakan dalam bahasa Indonesia dan juga bahasa Inggris, kemudian dilanjutkan ke tahap interaksi kelompok.

Karen meceritakan, pada tahapan wawancara ini dia diberi pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan apa yang dia tulis pada saat seleksi berkas dan juga alasan-alasan mengapa dia memilih negara-negara tersebut ke dalam negara prioritasnya, dan masih banyak lagi.

Kemudian pada tahap interaksi kelompok, peserta dituntut untuk menunjukkan keterampilan leadership-nya selama bekerjasama dalam tim yang terdiri dari 5 orang untuk memecahkan sebuah permasalahan atau isu yang sedang terjadi, dan dilanjut dengan beberapa pertanyaan mengenai rumusan solusi yang telah mereka diskusikan. Dan dalam kelompoknya, Karen terpilih sebagai leader atas beberapa pertimbangan.

Setelah penantian yang cukup lama, akhirnya Karen berhasil lolos menuju tahap nasional bersama tujuh peserta lainnya dari beberapa Sekolah Menenagah Atas (SMA) di pulau Sumatera (Chapter Palembang). Kedelapan peserta yang lolos seleksi dan akan mengikuti seleksi tingkat nasional dari pulau Sumatera tersebut adalah:

Sumber: binabudplb.wordpress.com

Selaku kepala SMAN 1 Seputih Banyak, Bapak I Made Sulatra, M.Pd. terus memberikan semangat dan dukungannya dan berharap agar tahap demi tahap seleksi dapat dilalui dengan lancar dan mencapai hasil yang diharapkan. Beliau juga memohon doa dan dukungan dari semua kalangan baik dari guru-guru dan staf tata usaha SMAN 1 Seputih Banyak, siswa-siswi dan orang tua, serta kepada para stakeholder terkait dari pemerintah provinsi Lampung khususnya dinas pendidikan dan kebudayaan.

Semoga prestasi yang gemilang ini dapat menjadi motivasi untuk diikuti oleh siswa-siswi SMAN 1 Seputih Banyak.

SMA Negeri 1 Seputih Banyak: Global-Unggul-Berkarakter

Avatar

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *