SMANSA SEBA – Bulan Ramadhan adalah bulan yang mulia dan penuh berkah, dimana Allah akan melipat gandakan nilai pahala. Ramadhan menjadi momen yang tepat bagi kita untuk memperbanyak amal kebaikan. Dalam rangka mengisi kegiatan beribadah di bulan Ramadhan ini, SMAN Seputih Banyak mengadakan kegiatan pesantren kilat yang diikuti siswa kelas X pada tanggal 18 April 2022. Dalam sambutannya, Kepala SMAN 1 Seputih Banyak, Bapak I Made Sulatra, M.Pd. menyampaikan bahwa pesantren kilat merupakan salah satu kegiatan keagamaan yang rutin dilakukan setiap tahun oleh SMA Negeri 1 Seputih Banyak, tepatnya pada bulan Ramadhan dalam rangka pembentukan karakter peserta didik untuk menumbuhkan rasa kepedulian sosial dan peningkatan keimanan dan ketaqwaan.

Sebelum membuka secara resmi kegiatan pesantren kilat pada tahun 2022 ini, Bapak Kepala Sekolah menyebutkan selain peserta didik yang beragama Islam, kegiatan pesantren kilat di SMAN 1 Seputih Banyak juga diikuti oleh peserta didik yang beragama Hindu, Kristen, dan Khatolik yang dikemas menyesuaikan ajaran agama masing-masing. Hal ini bertujuan agar kerukunan antar umat beragama di lingkungan SMAN 1 Seputih Banyak tetap terjaga sehingga dapat memberikan situasi yang nyaman dan aman bagi peserta didik dalam kegiatan pembelajaran di sekolah.

BACA JUGA : SELAMAT! Siswa Smansa Seba yang Diterima Jalur SNMPTN dan PMDP 2022

Adapun rangkaian acara kegiatan pesantren kilat untuk peserta didik yang beragama Islam dimulai dari pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB meliputi pelaksanaan Sholah Dhuha, Tadarus Alqur’an, Thoharoh (tata cara bersuci), Akhlakul Karimah, Sholat Dhuhur dan Asyar berjemaah, penyampaian materi pentingnya pemahaman terhadap rukun dan syarat sahnya sholat, dan keutamaan bulan Ramadhan.

BACA JUGA: KOMPETISI SAINS PLUS TINGKAT SMP/MTs DI SMAN 1 SEPUTIH BANYAK

Sedangkan bagi peserta didik yang beragama Hindu, pelaksanaan Pesraman Kilat dipusatkan di pura sekolah dengan beberapa kegiatan seperti sembahyang bersama, penyampaian materi tentang yoga, dan diakhiri dengan praktik yoga.

BACA JUGA: PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA 3

Dan peserta didik yang beragama Kristen dan Khatolik mengikuti kegiatan di Gereja sekolah yang meliputi kegiatan bernyanyi pujian rohani, berdoa bersama, penyampaian materi identifikasi Nats Alkitab Maz 26, 27, 28, bersaksi, dan diakhiri dengan doa syafaat.

Pesantren kilat ramadhan secara tidak langsung memberikan manfaat bagi para peserta didik ataupun para warga sekolah. Kegiatan sanlat ini diharapkan dapat menjadikan peserta didik lebih paham ajaran agama masing-masing serta mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

BACA JUGA: Program Double Track SMA Negeri 1 Seputih Banyak

SMA Negri 1 Seputih Banyak

Global – Unggul – Berkarakter

Avatar

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *